The Bangkok Post melaporkan, bank-bank di Thailand akan diizinkan menggunakan biometrik face recognition untuk mengautentikasi pelanggan dalam pembukaan rekening jarak jauh. Enam bank di negara tersebut yaitu Kasikorn Bank, Bangkok Bank, Siam Commercial Bank, Bank Ayudhya, TMB Bank dan CIMB Thai Bank, telah diberi wewenang oleh Bank Thailand untuk melakukan pengecekan Know Your Customer secara elektronik (eKYC) dengan biometrik wajah.
Menurut Kebijakan Sistem Pembayaran Bank of Thailand dan Asisten Gubernur Grup Keuangan Siritida Panomwan Na Ayudhya, saat ini bank-bank telah memenuhi syarat untuk memverifikasi identitas pelanggan melalui platform National Digital ID yang mencakup catatan dari berbagai organisasi jasa keuangan untuk mengurangi dokumen dan menghilangkan kebutuhan untuk mengunjungi cabang secara langsung. Siritida menjelaskan bahwa verifikasi biometrik dapat mengurangi pencurian identitas dan penipuan. Selanjutnya bank sentral akan menilai kinerja layanan sebelum memperluas skalanya. Pada akhirnya, Bank of Thailand berharap dapat mendorong bank komersial untuk menggunakan eKYC sebagai layanan keuangan lainnya serta memungkinkan lembaga keuangan non-bank mengadopsi face recognition.
The Nation Thailand melaporkan, Siam Commercial Bank juga bermitra dengan Counter Service Co. Ltd. untuk memungkinkan pelanggan yang bukan pemegang rekening SCB membuka rekening tabungan non-buku tabungan di lokasi 7-Eleven dengan biometrik wajah. SCB dan Layanan Konter meluncurkan kemitraan layanan Agen Perbankan tahun lalu yang saat ini memproses THB185,3 juta (US $ 5,9 juta) setiap hari. Untuk layanan baru, pelanggan dapat menggunakan kartu ID dengan perangkat pengambilan data elektronik di toko-toko, memasukkan nomor telepon dan PIN, serta memiliki identitas mereka yang dikonfirmasi dengan face recognition, setelah itu formulir aplikasi dapat diunduh.
Setelah baru saja meluncurkan kampanye “This is Me at 7-Eleven” yang bertepatan dengan peluncuran layanan, mitra yang mendaftar diharapkan dapat lebih dari satu juta pelanggan tahun ini. Layanan ini diharapkan tersedia di semua cabang 7-Eleven. Goode Intelligence memperkirakan satu setengah tahun yang lalu bahwa jumlah pelanggan di seluruh dunia yang menggunakan biometrik untuk layanan perbankan akan mencapai 1,9 miliar tahun ini.
Sebagai penyedia jasa biometrik, PT ASLI RI menyediakan beberapa macam inovasi solusi biometrik software dan hardware berdasarkan sidik jari, wajah, iris, suara, telapak tangan, hingga kecocokan jejak kaki. Produk dan solusi milik PT ASLI RI telah dipakai selama beberapa tahun oleh aplikasi sipil ataupun forensik, seperti lintas perbatasan, investigasi kriminal, sistem identifikasi nasional, registrasi pemilihan umum, pemeriksaan duplikasi dan verifikasi, penerbitan paspor dan beberapa proyek berskala nasional. Untuk penawaran dan pemesanan segera hubungi kami.
biometrik biometrik wajah layanan ASLI RI layanan biometrik thailand
Last modified: March 11, 2020