Proses Know Your Customer (KYC) adalah proses penting untuk mengetahui bahwa data atau informasi yang diberikan oleh seorang calon nasabah adalah autentik, dengan tujuan agar bisnis terhindar dari risiko yang merugikan.
Namun ketika pandemi datang, proses yang sebelumnya dilakukan secara manual terhambat karena adanya pembatasan kegiatan secara tatap muka. Kabar baiknya, saat ini sudah ada mekanisme yang dapat mengatasi hal tersebut, yaitu Electronic Know Your Customer (eKYC).
eKYC merupakah salah satu tahap dalam digital onboarding, yaitu proses akuisisi nasabah secara digital tanpa memerlukan proses tatap muka lagi. Digital onboarding ini akan sangat membantu perusahaan meminimalisir kesalahan yang biasanya ditemukan dalam proses manual, seperti penulisan karakter pada nama, nomor induk kependudukan, dan lain sebagainya.
Faktanya, ada banyak anggapan bahwa pada proses eKYC, yang dilakukan adalah identifikasi. Padahal yang dilakukan adalah sebaliknya, yaitu verifikasi.
Loh memangnya apa perbedaan dari verifikasi dan identifikasi?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, identifikasi berarti menentukan atau menetapkan identitas dari seseorang, benda dan sebagainya. Sedangkan verifikasi berarti pemeriksaan tentang kebenaran laporan, pernyataan, perhitungan uang, dan sebagainya. Pada eKYC, informasi yang sudah ada diperiksa tentang kebenarannya.
Bukan sembarang memeriksa, ASLI RI memeriksa atau mencocokan data dan informasi dengan data yang ada pada Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (DUKCAPIL), sehingga hasilnya akurat.
Ingin tahu lebih lanjut mengenai cara kerja sistem eKYC dari ASLI dan apa saja manfaatnya? Hubungi kami sekarang juga untuk diskusi lebih jauh bersama eKYC Specialists kami.
DigitalOnboarding eKYC KYCmodern verifikasibiometrik
Last modified: February 1, 2021